web hit counter
//
you're reading...

Tutorial

Berburu Font Berbayar Gratis

Ceritanya saya lagi pengen banget desain huruf tertentu dengan sebuah font, namanya Metroflex Wide. Berburu font berbayar gratis saya lakukan untuk menghasilkan desain yang lebih keren. Menurut halaman web yang saya dapat untuk menikmati font ini saya harus membayar sebesar 35.99 Euro. Alamak, sudah tidak punya kartu kredit ditambah memang tidak punya uang. Hahaha. Langsung aja yuk caranya gimana?

Berburu font berbayar gratis

Berburu font berbayar gratis. Font untuk desain.

Berburu font berbayar gratis, begini..

Coba buka ini deh. LINK.

Di halaman itu kalian bisa lihat ada tulisan “Enter your sample text”. Masukkan kata yang kita inginkan, pada tutorial ini saya masukkan “coba”. Tunggu beberapa saat maka akan keluar sample text kita dengan wujud font Metroflex ini.

Pada prinsipnya kamu bisa mengganti dengan font apapun yang kamu suka, lalu masukkan sample text yang diinginkan.

Rahasianya di sini deh. Coba perhatikan.

Berburu Font Berbayar Gratis

Klik kanan.

Klik kanan sample text lalu “Open image in new tab”.

Pada address bar akan tertulis seperti ini. Perhatikan!

http://sampler.linotype.com/sam?ID=761320&text=coba&sizex=650&fontsize=120&fg_r=0&fg_g=0&fg_b=0&bg_r=255&bg_g=255&bg_b=255

Bingung? Dari sini akan saya jelaskan satu-persatu, tenang aja bro.

Berburu Font Berbayar Gratis

Perhatikan Address Bar.

Berburu Font Berbayar Gratis

Perhatikan Address Bar, lagi.

ID=761320

Ternyata kode 761320 merupakan kode font yang tersimpan di web LINOTYPE ini. Jadi kalau kamu ganti kodenya maka juga akan berganti pula preview sample text-nya.

text=coba

Bagian ini merupakan sample text yang kita masukkan di halaman web depan tadi. Kamu bisa mengubah sample text melalui address bar juga. Coba aja, gampang kan?

sizex=650

Sepertinya ini bagian berapa lebar pixel yang sanggup ditampilkan.

fontsize=120

Bagian ini adalah ukuran font yang ingin ditampilkan. Sebagai catatan, saya mencoba ukuran sampai 500 untuk teks “ini adalah sebuah percobaan yang panjang”, lalu beberapa huruf tidak dapat ditampilkan dilayar. Ternyata sizex harus ditambah juga, semisal menjadi 2000. Tidak ada batasan tertentu silakan bereksperimen sendiri.

fg_r=0
fg_g=0
fg_b=0

Bagian ini adalah untuk warna teks berdasar Red Green Blue, untuk menghasilkan warna hitam maka semua kombinasi decimal RGB adalah 0.

bg_r=255
bg_g=255
bg_b=255

Bagian ini adalah untuk warna latar belakang berdasar Red Green Blue, untuk menghasilkan warna putih maka semua kombinasi decimal RGB adalah 255.

Saya adalah desainer pemula, cara menyiasati kondisi ini adalah saya membuat ukuran teks yang amat besar lalu saya simpan di komputer. Sebuah gambar beresolusi tinggi dapat diubah sebagai vektor di CorelDraw misalnya. Hasilnya adalah sebuah teks dengan ketajaman nyaris sempurna. Belum rapi, ya rapikan sedikit-sedikit dengan Shape Tool (F10). Dan kalau belum paham tahapan ini, cari di google tutorial trace bitmap di CorelDraw.

Nah dari sini saya bebas memanipulasi teks yang saya dapat dari web LINOTYPE ini. Keuntungan vektor adalah perubahan ukuran dari objek akan tetap menghasilkan gambar yang tajam. Berburu font berbayar gratis memang ribet, namanya juga gratis! Hehe.

Saya memang menikmati font berbayar ini dengan gratis, tapi kombinasi ilmu pengetahuan untuk menyiasati keterbatasan di atas tidak gratis dan tidak ternilai. Butuh ratusan jam pengalaman berinternet untuk bisa menemukan celah semacam ini. Satu pengetahuan yang saya bagi di sini, konsekuensinya adalah bisa menikmati semua jenis font berbayar di internet.

Kalau ini kelemahan sistem, silakan admin LINOTYPE memperbaiki. Tapi kalau ini merupakan kebijakan pengguna yang sah, maka semoga bisa kita manfaatkan selama-lamanya. Hehehehe. Yuk mari berburu font berbayar gratis.