web hit counter
//
you're reading...

Tutorial

Membuat Lightbox di WordPress

membuat lightbox di wordpress

Klik untuk memperbesar gambar (membuat lightbox di wordpress).

Saat bermain ke blog tetangga kadang kita menemukan satu fitur yang menarik. Misalnya seperti gambar di atas coba kamu klik. Selanjutnya akan keluar gambar dengan resolusi yang lebih besar dan hampir memenuhi layar monitor kamu. Ingin punya juga? Begini caranya membuat lightbox di wordpress.

Langkah-langkah membuat Lightbox di WordPress

Silakan menginstal plugin dengan nama Responsive Lightbox. Ini adalah plugins gratis, karena saya menggunakan web hosting berbayar maka saya mendownloadnya terlebih dahulu lalu menguploadnya secara manual.

Setelah diinstal lalu aktifkan. Jika sudah diaktifkan nanti di bagian Settings akan muncul bagian baru bernama “Responsive Lightbox”. Di sana kamu bisa atur sesuka hati terkait tampilan dan lain-lainnya.

Selanjutnya adalah memberi sedikit kode perintah ke gambar agar gambar yang kita inginkan punya lightbox bisa berjalan sebagaimana semestinya.

Pilih gambar secara acak, lalu upload ke postingan kamu. Setelah terupload coba klik sekali ke gambarnya, nanti ada petunjuk tambahan seperti gambar di bawah ini.

membuat lightbox di wordpress

Pilih Edit (membuat lightbox di wordpress).

Lalu akan keluar kotak dialog seperti di bawah ini.

membuat lightbox di wordpress

Perhatikan bagian Link Rel (membuat lightbox di wordpress).

Lihat kolom Link To, coba ubah ke Image URL. Lalu pada kolom Link Rel kamu harus mengisinya dengan “lightbox” tanpa tanda petik. Sampai sini sudah beres klik Update di pojok kanan bawah. Hanya dua pengaturan ini yang harus kamu lakukan untuk memastikan gambar kamu punya lightbox saat diklik nanti.

TIPS: Jika ingin menggunakan style yang saya gunakan, pilih aja di Setting namanya “FancyBox”.

Ketiga gambar tutorial di atas semua saya beri lightbox juga. Keuntungan dari lightbox adalah menghemat ruang postingan sekaligus tidak memaksakan gambar dengan resolusi yang pas-pasan. Dalam wujud postingan lengkap ia terlihat kecil, saat dibutuhkan cukup klik lalu menjadi besar sesuai resolusinya yang tinggi.

Demikian tutorial singkat membuat lightbox di wordpress. semoga bermanfaat. Cheers!