web hit counter
//
you're reading...

Featured

Cara Download mp3 dari Spotify Tanpa Akun Premium

Satu-satunya tutorial dan tips yang paling berguna untuk mendapatkan mp3 dari Spotify. Inilah cara download mp3 dari Spotify tanpa akun premium. Meskipun judul tulisan ini bisa diperuntukkan bagi kalian yang belum punya akun premium, saya melakukan ini justru karena saya punya akun premium.

Masalahnya adalah saya perlu file mp3 untuk pemutar lagu di mobil. Sebetulnya sistem audio mobil ada fitur bluetooth, tapi gagal terhubung ke hp saya. Jadilah saya menelusuri internet dan berbuah jawab, lalu akan saya bagikan caranya di sini.

Pemilihan judul di atas untuk membantu memudahkan teman-teman yang menggunakan kunci kata pencarian itu, bukan bermaksud untuk menyesatkan. Karena kalaupun bisa di-download, mp3 tersebut terkunci dengan sandi pelindung.

Saya luruskan dulu jadi sebenarnya proses yang akan diuraikan ini bukanlah men-download mp3 dari sistem Spotify. Tapi ini hanya merekam bunyi lalu disimpan sebagai mp3. Setelah penelusuran panjang, pengguna Spotify memang tidak bisa mengunduh mp3 dari Spotify karena sistemnya dilindungi. Saya bisa download mp3 nya (dengan suatu teknik) tapi ternyata file-file tersebut tidak bisa dimainkan di komputer. File tersebut rusak dan tidak berguna, ini adalah enkripsi dari Spotify. Enkripsi adalah penyandian yang dilakukan spotify untuk melindungi lagu-lagunya dari pembajakan.

Cara download mp3 dari Spotify tanpa akun premium

Cara download mp3 dari Spotify tanpa akun premium.

Pertama-tama kalian harus tentukan dari perangkat apa kalian mendengar Spotify. Ada dua pilihan, biasanya pertama lewat aplikasi desktop (windows) atau kedua lewat web player.

Cara Download mp3 dari Spotify (Aplikasi Desktop/Windows)

cara download mp3 dari spotify

Spotify Recorder

  1. Download Spotify Recorder.
  2. Ekstrak isinya dan letakkan dalam sebuah folder.
  3. Ada 3 file semuanya penting dan harus dalam folder yang sama. Pilih dan jalankan SpotifyRecorder.exe. Nanti akan muncul tampilan seperti gambar di atas.
  4. Pada Device harus mengarah ke soundcard internal komputer/laptop kalian. Dalam hal ini laptop saya menggunakan Realtek High Definition Audio.
  5. Pada Output folder arahkan ke tempat kalian ingin menyimpan lagu-lagu mp3. Saran saya letakkan pada partisi harddisk yang memiliki ruang kosong minimum 7 GB.
  6. Pada Bitrate untuk kualitas musik standar pilih 128. Kalau saya pilih 160 atau 192 karena pastinya kualitas rekaman akan lebih baik. Semakin tinggi bitrate maka file mp3 akan semakin besar juga.
  7. Jika sudah tersetting semuanya, buka aplikasi Spotify di komputer dan siapkan playlist yang mau dimainkan.
  8. Klik Start Recording pada aplikasi recorder, lalu mulai juga lagu yang ingin direkam.
  9. Jika sudah selesai merekam bisa klik Stop Recording.
  10. Cek folder tujuan yang sudah diatur sebelumnya. Di sana ada semua file mp3 yang kita mau.

Ada catatan tambahan dalam proses ini, kenapa butuh ruang kosong penyimpanan hingga 7 GB? Karena aplikasi recorder ini selain membuat *.mp3 juga membuat *.wav yang berukuran sangat besar. File *.wav ini tidak kita butuhkan, apabila sudah selesai merekam silakan hapus dulu semua *.wav. File *.mp3 yang kita peroleh rata-rata berukuran 2 – 5 MB tergantung durasi lagu yang kita punya dan pilihan bitrate.

Saran saya kalau kalian peduli dengan kualitas rekaman maka gunakan bitrate 160-320 kbps, hasilnya benar-benar jernih dan bagus apalagi kalau diputar dengan speaker/headphone yang bagus juga. Tapi spotify kalian harus premium dulu agar lagu yang diputar juga memiliki bitrate yang tinggi.

 

Cara Download mp3 dari Spotify (Web Player)

Tidak jauh berbeda dari cara download dengan aplikasi desktop, bedanya untuk ini kita gunakan webplayer yang beralamat https://play.spotify.com/. Cara kedua ini lebih saya sarankan karena kemudahannya dalam satu tempat. Mula-mula silakan download Spotify Web Recorder berikut.

DOWNLOAD

Penampakan dari aplikasi recorder tersebut adalah sebagai berikut.

cara download mp3 dari Spotify

Spotify Web Recorder

Urutan langkah-langkahnya mirip dengan cara recorder pada desktop aplikasi. Pokoknya tentukan tujuan penyimpanan, atur bitrate, selesai. Lalu pastikan tidak ada bunyi lain yang muncul tiba-tiba seperti notifikasi Facebook, email, dan lain-lain karena pastinya bunyi-bunyi itu akan masuk dalam rekaman. Caranya masih sama yaitu jalankan perekaman lalu dengan cepat ikuti dengan menjalankan musik di dalam Spotify.

Pada percobaan yang saya lakukan terdapat kegagalan perekaman. Untuk itu kalian perlu sesekali mengecek folder tujuan mp3 apakah ukuran file nya wajar atau tidak. Kalau ukuran mp3 nya di bawah 1 MB patut dicurigai bahwa proses itu gagal dan harus diulang. Kadang solusinya adalah dengan membuka ulang aplikasi ini, cek koneksi internet, dan pastikan tidak ada aplikasi yang mengganggu semacam browser yang membuka tab terlalu banyak. Karena cukup memakan memori RAM maka pastikan tidak ada aplikasi berat di latar belakang.

Kalau ada masalah silakan tinggalkan pesan di bawah.


Update 8 Januari 2017 “Cara Download mp3 dari Spotify”

Saya bereksperimen dengan dua metode perekaman di atas dan hasilnya adalah sebagai berikut:

  1. Semua jenis bentuk perekaman otomatis menurunkan kualitasnya dibandingkan dari sumber bunyi asal, dalam hal ini Spotify. Kalau berharap kualitas yang mendekati bunyi asal pilih bitrate 320 kbps. Perkiraan ukuran mp3 nya sebesar 7-10 megabytes.
  2. Metode Web Recorder tidak menyisakan file *.wav di folder tujuan penyimpanan. Sementara metode Desktop App Recorder menyisakan file *.wav masing-masing untuk setiap lagu. Untuk itu harus secara rutin menghapus file *.wav tersebut agar harddisk kita tidak penuh. Rata-rata satu *.wav mencapai 100 megabytes.
  3. Tidak boleh ada program lain dengan memory besar yang berjalan saat perekaman. Risikonya adalah bunyi rekaman terputus, tertunda, tertahan, karena kekurangan memory sebab diambil aplikasi lain. Semisal kalian menjalankan Photoshop dan pengolah video bersama-sama.
  4. Pastikan koneksi internet lancar. Bagi pengguna premium diuntungkan offline mode pada Desktop App. Tapi berbeda halnya untuk Web App yang wajib terkoneksi internet entah free atau premium user. Jika internet sesaat buffer maka rekaman juga akan ikut tercatat jeda. Lagunya jadi tidak utuh dan sambung sempurna.
  5. Menurut pengalaman, mengatur volume Stereo Mix atau sound card internal laptop ke maksimal (100 dari skala 100) tidak menyebabkan clipping. Hasil rekaman justru sempurna apabila volume dimaksimalkan. Sementara percobaan lain pada volume 30 dari skala 100 menghasilkan bunyi musik yang kurang lantang dan frekuensi rendahnya terasa berlebihan.
  6. Karena metode perekaman mengharuskan memaksimalkan volume, untuk itu saya menggunakan earphone atau headset selama perekaman. Saya tidak perlu mengganggu orang lain dengan proses yang berisik ini.
  7. Metode Web App selain dapat merekam mp3 juga dapat mengkoleksi informasi album dan nama artis. Hal ini amat bermanfaat apabila kalian ingin mengelola koleksi musik ke dalam kategori dan playlist tertentu. Untuk sementara ini Web Recorder adalah yang terbaik.

 

Incoming Search:
cara download lagu di spotify tanpa premium, how to download music from spotify to mp3, spotify to mp3 converter without recording, lokasi file mp3 di spotify, lagu spotify, mp3 spotify premium.